Laman

Senin, 30 September 2013

MAN kembali mewarnai pasar bus Indonesia dengan bus R37





MAN, merk kendaraan niaga dari Jerman, menyatakan siapa untuk kembali meramaikan persaingan pasar bus di Indonesia. MAN pernah masuk ke pasar bus premium di Indonesia sekitar awal tahun 2000 an dengan membawa teknologi bus terbaru untuk pasar Indonesia. Yakni, bus berkapasitas silinder besar dan sudah dilengkapi dengan suspensi udara (built in air suspension).


Kini, di tangan distributor barunya di Indonesia, PT Duta Putera Sumatera (DPS), MAN siap come back dengan menawarkan chasis premium untuk segmen bus pariwisata dan bus malam antar kota.

Ada lima unit bus MAN R37 yang sudah tiba dari pabrik MAN di Jerman. Empat diantaranya dibeli oleh PO Nusantara, Kudus, Jawa Tengah, dan proses pengerjaan bodinya kini sedang digarap oleh karoseri Nusantara Gemilang di Kudus. Satu unit lainnya dipakai untuk show unit dan selama IIMS 2013 berlangsung di JIExpo, Kemayoran, bus ini ikut dipamerkan dalam wujud masih telanjang berupa sasis space frame yang belum dipasangi bodi. "Bus tersebut ditujukan untuk pasar bus pariwisata. Karena double axle, panjang bodi bus bisa mencapai 13,5 meter, mengikuti regulasi di Indonesia. Bus ini juga bisa dirancang menjadi bus double decker seperti di luar negri. Teknologi mesinnya sudah commonrail, transmisi full matic dari ZF" ungkap Nugroho.

Nugroho optimistis, pihaknya bisa merebut pasar bus premium di Indonesia. Meski ceruknya sempit, dan dikuasai oleh dua brand terkenal Eropa lainnya, Mercedes Benz dan Scania, Nugroho tetap optimistis, pasar bus premium akan terus berkembang seiring pembangunan infastruktur jalan tol di Indonesia.

Menurut Nugroho, megaproyek tol Trans Jawa akan membuat infrastruktur jalan di pulau jawa semakin mulus. Mobilitas orang juga akan makin cepat dan lancar. "Dengan selesainya pembangunan jalan tol seperti Trans Jawa ini, akan ada kebutuhan pasokan bus. Kita pilihkan MAN tipe R37 dengan tenaga maksimum 460 HP yang bisa dibangun menjadi bus double decker sebagai luxury bus. Dek atas bisa dibuat tempat duduk penumpang, dek bawah bisa dirancang menjadi sebuah tempat bersantai penumpang lounge lengkap dengan pantry nya," bebernya.

Bus MAN R37 juga bisa dirancang menjadi kabin penumpang di dek atas dan dek bawahnya. Dengan konfigurasi kursi kelas eksekutif, bus ini sekali jalan bisa membawa total 60 penumpang. Berapa harga jual chasis MAN R37? Nugroho menyebutkan angka 170.500 USD off the road Jakarta. (choirul arifin)

Dikutip dari berita kota Super Ball 28 september 2013


Tidak ada komentar:

Posting Komentar